EFI (Electronic Fuel Injection)
Sistem EFI adalah sebuah sistem yang di
aplikasikan dalam kendaraan untuk mengatur sistem bahan bakar, yang dari
awal nya konvensional menjadi sistem injeksi.Sisten ini menggunakan
beragam sensor untuk mendeteksi kondisi kerja mesin dan kendaraan. Dan
ECU mesin menghitung pada volume injeksi bahan bakar optimal, dan
menyebabkan injektor untuk menginjeksikan bahan bakar.
Berikut beberapa part yang digunakan untuk keinerja sistem EFI :ECU mesin EFI Dan Sensor-sensor
Fungsinya mengkalkulasikan durasi injeksi bahan bakar optimal berdasarkan sinyal dari sensor.Air flow meter atau manifold pressure sensor
Fungsinya mendeteksi massa intake udara atau tekanan manifold.
Crankshaft position sensor
Fungsi mendeteksi sudut cranksahft dan putaran mesin,menghasilkan signal NECamshaft position sensor
Fungsinya mendeteksi sudut standar camshaft dan timing camshaft, menghasilkan signal GWater temperature sensor
fungsinya mendeteksi suhu pendinginThrottle position sensor
Fungsinya mendeteksi sudut bukaan throttle valve.
Oxygen sensor
Fungsinya mendeteksi konsentrasi oksigen dalam gas buangan.Tipe-Tipe EFI
Ada dua tipe sistem EFI yang diklasifikasikan dengan metode jumlah deteksi intake udara yaitu:1. L-EFI (Tipe kontrol aliran udara)
Tipe ini menggunakan meter aliran udara untuk mendeteksi jumlah udara yang mengalir di dalam intake manifold.Ada dua tipe metode pendeteksian: Satunya langsung mengukur massa intake udara, dan satunya lagi membuat koreksi berdasarkan volume udara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar