Sabtu, 23 Februari 2013

VVT-i (Variable Valve Timing-intelligent)

ARTIKEL OTOMOTIF VVT-IPada umumnya, timing valve atau waktu pengapian sudah tetap walaupun dalam berbagai kondisi pengendaraan, tetapi sistem VVTi menggunakan tekanan hidraulik untuk mengganti rotasi intake camshaft dan mengubah valve timing. Ini memungkinkan untuk meningkatkan output, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan menurunkan tingkat emisi, ini adalah tujuan utama dari system VVT-i.
Sistem ini dirancang untuk mengontrol valve timing dengan mengubah rotasi intake camshaft dalam kisaran 40° dari sudut crankshaft untuk mendapatkan valve timing yang optimal sesuai dengan kondisi mesin berdasarkan sinyal dari sensor.teknologi sudah di adopsi disemua kendaraan baru, hanya istilah nya yang beda, tapi pada prinsip nya sama misal V-TEC,VANOS dan lain-lain
Valve timing dikontrol sebagaimana dijelaskan di bawah:
Selama suhu rendah, selama kecepatan rendah dengan beban ringan, atau selama beban ringan
Intake valve timing dimundurkan dan overlap katup dikurangi untuk mengurangi tertiupnya kembali gas buangan ke sisi intake. Ini akan menstabilkan kondisi idling dan meningkatkan efisiensi bahan bakar dan kemampuan starter
Selama beban sedang, atau selama kecepatan rendah dan sedang dengan beban berat
Intake valve timing dimajukan dan overlap katup ditingkatkan untuk meningkatkan EGR internal dan mengurangi pumping loss. Ini akan meningkatkan kontrol emisi dan efisiensi bahan bakar. Sebagai tambahan, pada saat yang sama waktu penutupan intake valve dimajukan untuk mengurangi mengalirnya kembali udara hisap sisi intake dan meningkatkan efisiensi volumetrik.
Selama kecepatan tinggi dengan beban berat
Intake valve timing dimajukan dan overlap katup ditingkatkan untuk meningkatkan EGR internal dan mengurangi pumping loss. Ini akan meningkatkan kontrol emisi dan efisiensi bahan bakar. Sebagai tambahan, pada saat yang sama waktu penutupan intake valve dimajukan untuk mengurangi tertiupnya kembali udara hisap sisi intake dan meningkatkan efisiensi volumetrik.
Sebagai tambahan, kontrol feedback digunakan untuk menjaga intake valve timing aktual pada waktu yang ditargetkan dengan menggunakan camshaft position sensor.VVT-i control merupakan aktuator yang di gerakkan berdasarkan perintah dari ECU, dan ECU mendapatkan informasi dari berbagai sensor-sensor.
Berikut gambaran dari alur kerja VVT-i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar