VVT-i (Variable Valve Timing-intelligent)

Sistem ini dirancang untuk mengontrol
valve timing dengan mengubah rotasi intake camshaft dalam kisaran 40°
dari sudut crankshaft untuk mendapatkan valve timing yang optimal sesuai
dengan kondisi mesin berdasarkan sinyal dari sensor.teknologi sudah di
adopsi disemua kendaraan baru, hanya istilah nya yang beda, tapi pada
prinsip nya sama misal V-TEC,VANOS dan lain-lain
Valve timing dikontrol sebagaimana dijelaskan di bawah:
Selama suhu rendah, selama kecepatan rendah dengan beban ringan, atau selama beban ringan
Intake valve timing dimundurkan dan overlap katup dikurangi untuk mengurangi tertiupnya kembali gas buangan ke sisi intake. Ini akan menstabilkan kondisi idling dan meningkatkan efisiensi bahan bakar dan kemampuan starter
Intake valve timing dimundurkan dan overlap katup dikurangi untuk mengurangi tertiupnya kembali gas buangan ke sisi intake. Ini akan menstabilkan kondisi idling dan meningkatkan efisiensi bahan bakar dan kemampuan starter
Selama beban sedang, atau selama kecepatan rendah dan sedang dengan beban berat
Intake valve timing dimajukan dan overlap katup ditingkatkan untuk meningkatkan EGR internal dan mengurangi pumping loss. Ini akan meningkatkan kontrol emisi dan efisiensi bahan bakar. Sebagai tambahan, pada saat yang sama waktu penutupan intake valve dimajukan untuk mengurangi mengalirnya kembali udara hisap sisi intake dan meningkatkan efisiensi volumetrik.
Intake valve timing dimajukan dan overlap katup ditingkatkan untuk meningkatkan EGR internal dan mengurangi pumping loss. Ini akan meningkatkan kontrol emisi dan efisiensi bahan bakar. Sebagai tambahan, pada saat yang sama waktu penutupan intake valve dimajukan untuk mengurangi mengalirnya kembali udara hisap sisi intake dan meningkatkan efisiensi volumetrik.
Selama kecepatan tinggi dengan beban berat
Intake valve timing dimajukan dan overlap katup ditingkatkan untuk meningkatkan EGR internal dan mengurangi pumping loss. Ini akan meningkatkan kontrol emisi dan efisiensi bahan bakar. Sebagai tambahan, pada saat yang sama waktu penutupan intake valve dimajukan untuk mengurangi tertiupnya kembali udara hisap sisi intake dan meningkatkan efisiensi volumetrik.
Intake valve timing dimajukan dan overlap katup ditingkatkan untuk meningkatkan EGR internal dan mengurangi pumping loss. Ini akan meningkatkan kontrol emisi dan efisiensi bahan bakar. Sebagai tambahan, pada saat yang sama waktu penutupan intake valve dimajukan untuk mengurangi tertiupnya kembali udara hisap sisi intake dan meningkatkan efisiensi volumetrik.
Sebagai tambahan, kontrol feedback
digunakan untuk menjaga intake valve timing aktual pada waktu yang
ditargetkan dengan menggunakan camshaft position sensor.VVT-i control
merupakan aktuator yang di gerakkan berdasarkan perintah dari ECU, dan
ECU mendapatkan informasi dari berbagai sensor-sensor.
Berikut gambaran dari alur kerja VVT-i
Tidak ada komentar:
Posting Komentar